Digital Marketing Desa - UMKM Desa - Desa Wisata - BUM Desa
Jasa Digital Marketing Desa - UMKM Desa - Desa Wisata - BUM Desa
Media sosial berpotensi untuk membantu pelaku UMKM dalam memasarkan produknya, Perubahan perilaku pemasaran dari konvensional ke digital tidak diimbangi oleh keberadaan pelaku UMKM yang menggunakan digital marketing, padahal UMKM dipercaya mampu memacu perekonomian Indonesia.
Pemanfaatan konsep pemasaran berbasis teknologi digital menjadi harapan bagi UMKM untuk berkembang menjadi pusat kekuatan ekonomi. UMKM dapat menggunakan media sosial sebagai sarana digital marketing. Selain biaya yang murah dan tidak perlunya memiliki keahlian khusus dalam melakukan inisiasi awal, media sosial dianggap mampu untuk secara langsung meraih konsumen.
Pemanfaatan digital marketing memiliki beberapa keunggulan, antara lain:
a. Target bisa diatur sesuai demografi, domisili, gaya hidup, dan bahkan kebiasaan;
b. Hasil cepat terlihat sehingga pemasar dapat melakukan tindakan koreksi atau perubahan apabila dirasa ada yang tidak sesuai.
c. Biaya jauh lebih murah daripada pemasaran konvensional;
d. Jangkauan lebih luas karena tidak terbatas geografis;
e. Dapat diakses kapanpun tidak terbatas waktu;
f. Di sisi lain, digital marketing pun memiliki kelemahan, di antaranya:
g. Mudah ditiru oleh pesaing;
h. Dapat disalahgunakan oleh pihak- pihak tidak bertanggung jawab;
i. Reputasi menjadi tidak baik ketika ada respon negatif;
j. Belum semua orang menggunakan teknologi internet/digital.