Digital Marketing Desa - UMKM Desa - Desa Wisata - BUM Desa

Jasa Digital Marketing Desa - UMKM Desa - Desa Wisata - BUM Desa


Media sosial berpotensi untuk membantu pelaku UMKM dalam memasarkan produknya, Perubahan perilaku pemasaran dari konvensional ke digital tidak diimbangi oleh keberadaan pelaku UMKM yang menggunakan digital marketing, padahal UMKM dipercaya mampu memacu perekonomian Indonesia.

Pemanfaatan konsep pemasaran berbasis teknologi digital menjadi harapan bagi UMKM untuk berkembang menjadi pusat kekuatan ekonomi. UMKM dapat menggunakan media sosial sebagai sarana digital marketing. Selain biaya yang murah dan tidak perlunya memiliki keahlian khusus dalam melakukan inisiasi awal, media sosial dianggap mampu untuk secara langsung meraih konsumen. 

Pemanfaatan digital marketing memiliki beberapa keunggulan, antara lain:

a. Target bisa diatur sesuai demografi, domisili, gaya hidup, dan bahkan kebiasaan;

b. Hasil cepat terlihat sehingga pemasar dapat melakukan tindakan koreksi atau perubahan apabila dirasa ada yang tidak sesuai.

c. Biaya jauh lebih murah daripada pemasaran konvensional;

d. Jangkauan lebih luas karena tidak terbatas geografis;

e. Dapat diakses kapanpun tidak terbatas waktu;

f. Di sisi lain, digital marketing pun memiliki kelemahan, di antaranya:

g. Mudah ditiru oleh pesaing;

h. Dapat disalahgunakan oleh pihak- pihak tidak bertanggung jawab;

i. Reputasi menjadi tidak baik ketika ada respon negatif;

j. Belum semua orang menggunakan teknologi internet/digital.


Minimnya pengetahuan pelaku UMKM mengenai digital marketing menginspirasi pelaksana Pengabdian kepada Masyarakat untuk menyampaikan sosialisasi dan memberikan pelatihan mengenai penggunaan teknologi informasi dan komunikasi ini. Jika pelaku UMKM paham akan pentingnya digital marketing bagi usaha mereka, diharapkan mereka akan termotivasi untuk menggunakan digital marketing sebagai sarana komunikasi dan promosinya, serta dapat mempraktikkannya secara langsung dengan memanfaatkan media sosial.

Kendala yang dihadapi contohnya adalah kurangnya pemahaman mengenai pentingnya digital marketing, kurangnya pengetahuan mengenai teknologi informasi dan komunikasi serta cara-cara penggunaan dan pemanfaatan media sosial yang baik, tidak sabar ingin segera mendapat hasil, serta kurangnya pemahaman untuk menciptakan “postingan” yang menarik.

Desa Digital Academi
+6281335396527


Digital Marketing Desa - UMKM Desa - Desa Wisata - BUM Desa

Digital Marketing Desa - UMKM Desa - Desa Wisata - BUM Desa

Digital Marketing Desa - UMKM Desa - Desa Wisata - BUM Desa

Digital Marketing Desa - UMKM Desa - Desa Wisata - BUM Desa

Digital Marketing Desa - UMKM Desa - Desa Wisata - BUM Desa

Digital Marketing Desa - UMKM Desa - Desa Wisata - BUM Desa

Digital Marketing Desa - UMKM Desa - Desa Wisata - BUM Desa